“All of our humanity is dependant on recognizing humanity in others”
-Desmond Tutu

Dewan Mahasiswa Justicia FH UGM menyampaikan bela sungkawa kepada korban terorisme pemboman gereja di Surabaya dan Sidoarjo serta penyerangan Mako Brimob. Dan berikut kami dengan tegas menyampaikan sikap kami terjadap kejadian tersebut:

1. Mengecam segala bentuk tindakan terorisme.
2. Mendukung tindakan Kepolisian dan pihak terkait untuk mengungkap dalang dibalik seluruh persitiwa terorisme di Indonesia.
3. Tindakan teror yang terjadi merupakan sebuah tindakan yang tidak berperikemanusian dan melanggar Hak Asasi Manusia
4. Mengajak masyarakat untuk memandang teror sebagai suatu kejahatan, tidak dengan sentimen agama atau golongan tertentu.
5. Meredam teror dengan menjaga toleransi, tidak saling curiga, saling cerca, saling hina, tidak bisa di adu domba, dan tidak memiliki sentimen sesama masyarakat antar golongan namun tetap waspada.
6. Mendesak DPR untuk menyelesaikan revisi UU terorisme agar Polri dapat bekerja secara efektif dalam upaya pemberantasan tindak pidana terorisme atau sebagai alternatif mendukung upaya pembuatan Perpu anti-terorisme oleh presiden.
7. Mengajak seluruh elemen masyarakat terutama unsur mahasiswa agar bersama-sama melawan terorisme dan paham-paham radikal yang dapat menimbulkan perpecahan

Kabinet Deru Samudera
Dewan Mahasiswa Justicia
Fakultas Hukum UGM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *